JENIS PENILAIAN SIKAP
1. Observasi
Sikap
Nama
|
Perilaku yang diamati (mulai
tema1 – tema4)
|
Deskripsi
|
|||||||||||||||||||||||
Percaya diri
|
Disiplin
|
Bekerja sama
|
Santun
|
Teliti
|
Dsb
|
||||||||||||||||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Ani
|
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ali
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
|
|
V
|
|
|
|
|
V
|
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Angka
1 : belum terlihat/kurang, 2: Mulai terlihat/cukup; 3: Mulai Berkembang/baik, 4: Membudaya/sangat baik
Direkap untuk setiap tema
Contoh Deskripsi yang disiapkan
untuk mengisi buku rapor. Ani:
Menunjukkan sikap percaya diri dan bekerja
sama yang
sangat
menonjol,
namun masih perlu usaha-usaha dan bimbingan dalam hal ketelitian.
2. Penilaian Diri
Siswa
Nama : ………………………………….
Kelas :
……………………………………
Semester : …………………………………..
Waktu penilaian : ………………….
No
|
Pernyataan
|
ya
|
tidak
|
1
|
Saya berusaha belajar dengan
sungguh-sungguh
|
|
|
2
|
Saya mengikuti pembelajaran dengan penuh perhatian
|
|
|
3
|
Saya mengerjakan tugas yang diberikan guru tepat
Waktu
|
|
|
4
|
Saya mengajukan pertanyaan
jika ada yang tidak
Dipahami
|
|
|
5
|
Saya berperan aktif dalam kelompok
|
|
|
6
|
Saya menyerahkan tugas tepat
waktu
|
|
|
7
|
Saya selalu membuat catatan hal-hal yang saya
anggap penting
|
|
|
8
|
Saya merasa menguasasi dan dapat mengikuti
kegiatan pembelajaran dengan
baik
|
|
|
9
|
Saya menghormati dan menghargai orang tua
|
|
|
10
|
Saya menghormati dan menghargai teman
|
|
|
11
|
Saya menghormati dan menghargai guru
|
|
|
Keterangan:
• Penilaian persepsi diri siswa untuk mencocokan persepsi
diri siswa dengan kenyataan
yang ada.
• Hasil penilaian persepsi
diri siswa digunakan sebagai dasar guru untuk melakukan bimbingan dan motivasi
lebih lanjut.
3. Penilaian antarteman
Nama
teman yang dinilai
: ………………………………….
Nama
penilai :
…………………………………..
Kelas :
……………………………………
Semester :
…………………………………..
Waktu penilaian : ………………….
No
|
Pernyataan
|
ya
|
tidak
|
1
|
Berusaha belajar dengan sungguh-sungguh
|
|
|
2
|
Mengikuti pembelajaran dengan
penuh perhatian
|
|
|
3
|
Mengerjakan tugas yang diberikan guru tepat waktu
|
|
|
4
|
Mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak dipahami
|
|
|
5
|
Berperan aktif dalam kelompok
|
|
|
6
|
Menyerahkan tugas tepat waktu
|
|
|
7
|
Selalu membuat catatan hal-hal
yang dianggap
Penting
|
|
|
8
|
Menguasasi dan dapat mengikuti kegiatan
pembelajaran dengan baik
|
|
|
9
|
Menghormati dan menghargai teman
|
|
|
10
|
Menghormati dan menghargai guru
|
|
|
Keterangan:
• Penilaian antarteman digunakan untuk mencocokan persepsi diri siswa dengan persepsi temannya serta kenyataan yang ada.
• Hasil penilaian antarteman digunakan sebagai
dasar guru untuk melakukan bimbingan dan motivasi
lebih lanjut.
4. Penilaian Jurnal
No
|
Tanggal
|
Nama
|
Catatan Pengamatan
(KI-1 dan KI-2)
|
Tindak lanjut
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
|
(6)
|
1
|
5/10/13
|
Ani
|
-Mengganggu teman saat belajar
|
-Bimbingan
personal
|
0 Response to "Jenis Penilain Sikap"
Post a Comment