A. PENGERTIAN
DAN PENTINGNYA MANJEMEN
1. Pengertian
Manajemen
Manajemen berasal dari
kata to manage yang artinya mengatur. Pengaturan dilakukan melalui proses dan
diatur berdasarkan urutan dari fungsi-fungsi manajemen itu. Jadi manajemen merupakan suatu proses untuk memeujudkan
tujuan yang diinginkan. Karena manajemen diartikan mengatur maka timbul
beberapa pertanyaan bagi kita.
a.
Apa yang diatur?
Yang diatur adalah
semua unsur mananjemen yang terdiri dari men,money, methods, meterials,
machine, and market, disingkat dengan 6 M dan semua aktifitas yang ditimbulkan
dalam proses manajemen itu.
b.
Kenapa harus diatur?
Agar 6 M itu lebih
berdaya guna, terintegrasi, terkoordinasi dalam mencapai tujuan yang optimal.
c. Siapa
yang mengatur?
Yang
mengatur adalah pemimpin dengan wewenang kepemimpinannya melalui interuksi atau
persuasi, sehingga 6M dan semua proses manjemen tertuju serta terarah kepada
tujuan yang diinginkan.
d. Bagaimana
mengaturnya?
Mengaturnya
yaitu melalui proses dari urutan fungsi-fungsi manajemen
e. Dimana
harus diatur?
Dalam suatu organisasi atau perusahaan, karena organisasi
merupakan alat dan wadah untuk mengatur 6M dan semua aktifitas proses manajemen
dalam mencapai tujuannya.
Perlu
dihayati nahwa manajemen dan organisasi bukan tujuan, tetapi hanya alat untuk
mencapai tujuan yang diinginkan, karena tujuan yang ingin dicapai itu adalah
pelayanan dan laba (profit).
Walaupun
manajemen dan organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja, tetapi harus
diatur dengan sebaik-baiknya. Karena jika manajenmen ini baik maka tujuan
optimal dapat diwujudkan, pemborosan terhindar, dan semua potensi yang dimiliki
akan lebih bermanfaat.
Mismanagement
(salah urus) harus dihindari, karena mismangement akan menimbulkan kerugian,
pemborosan, bahkan tujuan tidak akan tercapai.
Drs. H. Malayu S.P.
Hasibuan
Manajemen adalah ilmu
dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber
lainya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Andrew F. Sikula
Management in general
refers to planning, organizing, controlling, staffing, leading, motivating,
communicating, and decision making activities performed by any organization in
order to cordinate the varied resources of the enterprise so as to bring an
efficient creation of some product of service.
G.R. Terry
Manajemen adalah suatu
proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan, dan
penngendalian yang dilakukan unutk menentukan serta mencapai
sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan
sumber-sumber lainnya.
Harold Koontz dan Cyril
O’Donnel
Manajemen adalah usaha
mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian
manejer mengadakan koordinasi atas sejumlah aktifitas orang lain yang meliputi
perencanaan, pengorganisasian, penempatan, pengarahan, dan sejumlah
pengendalian.
2.
Pentingnya
Manajemen
Apa
dan mengapa manajemen itu penting?
Pada
dasarnya pekerjaan itu penting, sebab:
a.
Pekerjaan
itu berat dan sulit untuk dikerjakan sendiri
b.
Perusahaan akan berhasil baik jika
manajemen diterapkan dengan baik.
c.
Manajemen
yang baik akan meningkatkan daya guna dan hasil guna semua potensi yang
dimiliki.
d.
Manajemen
yang baik akan mengurangi pemborosan.
e.
Manajemen
menetapkan tujuan dan usaha mewujudkan dengan memanfaatkan 6M dalam proses
manajemen tersebut.
f.
Manajemen
perlu akan kemajuan dan pertumbuhan.
g.
Manajemen
mengakibatkan pencapaian tujuan secara teratur.
h.
Manajemen
merupakan suatu pedoman pikiran dan tindakan.
i.
Manajemen
selalu dibutuhkan dalam setiap kerja.
B. FILSAFAT DAN ASAS-ASAS MANAJEMEN
1.
Filsafat
Manajemen
Filsafat manajemen merupakan kerja sama saling
menguntungkan, bekerja efektif dan dengan metode yang terbaik untuk mencapai
hasil yang optimal.
Pemimpin harus menjadi sumber kegiatan dan
penanggungjawab hasil yang dicapai dalam aktifitas proses manajemen itu.
Sebaliknya pemimpin yang tidak kreatif, cakap, tidak berani mengambil keputusan
maka organisasinya statis. Jadi pemimpin dan wewenang kepemimpinannya merupakan
intisari manajemen.
FW.Taylor dalam penellitianya memulai dari shop level
artinya, penelitian itu dimulai dari buruh hingga tingkat manajer.
Ajaran
F.W. Taylor ini pernah disebut scientific organization of labour atau
penyusunan tenaga kerja secara ilmiah. Sedangkan serikat-serikat buruh
menamakannya “ilmu rasionalisasi”, karena sistem Taylor ini oleh kaum buruh
dianggap hanya sebagai satu cara dari majikan untuk memeras tenaga kerja mereka
sebesar-besarnya.
2. Asas-Asas
Manajemen
Asas
bukanlah hukum atau dogma, tetapi hanya sebagai hhipotesis yang harus
diterapkan secara fleksibel, praktis, relevan, dan konsisten.
Asas-asas
umum manajemen
General principles of
management, menurut Henry Fayol
a. Division
of work (asas pembagian kerja).
b. Autority
and responsibility (asas wewenang dan tangggung jawab).
c. Discipline
(asas disiplin).
d. Unity
of command (asas kesatuan pemerintah).
e. Subordination
of individual interest into general interest.
f. Renumeration
of personnel (asas pembagian gaji yang wajar).
g. Centalization
(asas pemusatan wewenang).
h. Scalar
of chain (asas hierarki asas rantai berkala).
i. Order
(asas keteraturan).
j. Equity
(asas keadilan).
k. Initiatyf
(asas inisiatif).
l. Esprit
de corps (asas kesatuan).
m. Stability
of turn over personnel (asas kestabilan masa jabatan).
0 Response to "Pengertian Manajemen dan Pentinnya Manajemen"
Post a Comment