Implementasi Perencanaan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kreatifitas Pembelajaran Siswa

Guru adalah salah satu komponen pendidikan dalam proses belajar mengajar yang ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manuia yang profesional dibidang pembangunan. Oleh karena itu, guru harus berperan aktif dan menempatkan kedudukannya sebagai tenaga profesional sesuai dengan tuntutan masyarakat yang berkembang. Dengan kata lain, pada pundak setiap guru terletak tanggung jawab untuk membawa siswanya pada suatu kedewasaan atau taraf kematangan tertentu. Dalam kapasitas ini, guru tidak semata-mata sebagai “Pengajar yang melakukan transfer of knowledge semata, tetapi juga sebagai “pendidik” yang melakukan transfer of value, sekaligus sebagai fasilitator kepada siswa, disini profesionalisme sebagai guru dituntut.


Guru sebagai profesi perlu diiringi dengan memberlakukan aturan profesi keguruan, sehingga akan ada keseimbangan antara hak dan keajiban bagi seseorang yang berfrofesi guru, antara lain : Indonesia memerlukan guru yang bukan hanya disebut guru, melainkan guru yang prfesional terhadap profesinya sebagai guru. Aturan profesi keguruan berasal dari dua kata dasar profesi dan bidang spesifik guru/keguruan.

Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan rumusan tentang apa yang akan dilakukan oleh guru da peserta didik dalam proses pembelajaran unrtuk mecapai tujuan atau kompetensi dasar yang telah ditentukan, sebelum kegiatan belajar mengajar dilaksanakan. Dasar pengembangan pembelajaran merupakan desain pembelajaran atau tahun 1975 istilahnya disebut sebagai Prosedur Pengembangan Sistem Pembelajaran  (PPSP). 

Sebagai suatu prosedur, desain pembelajaran dapat diartikan sebagai langkah yang sistematis untuk menyusun rencana atau persiapan pembelajaran dan bahan pembelajaran. Produk dari desain pembelajaran adalah berupa persiapan pembelajaran, silabus, modul, bahan tutorial dan bentuk saran pedagogis lainnya.

Proses pengembangan perencanaan pembelajaran terkait erat dengan unsur-unsur dasar kurikulum yaitu tujuan materi pelajaran, pengalaman belajar dan penilaian hasil belajar. 

Perangkat yang harus dipersiapkan dalam perencanaan pembelajaran adalah : (a) memahami kurikulum; (b) menguasai bahan ajar; (c) menyusun program pengajaran; (d) melaksanaka program pengajaram dan (e) menilai program pengajaran dan hasil proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan. Dalam perenanaan pembelajaran sampai saat ini masih mempergunakan pendekatan sistem, artinya perencanaan pembelajaran merupakan kesatuan utuh yang memiliki komponen (tujuan, materi, pengalaman belajar dan evaluasi) yang satu sama lain saling berinteraksi.

Guru merupakan salah satu pihak dalam dunia pendidikan yang memegang peran penting untuk mengarahkan siswa agar berhasil dalam kegiatan proses belajarnya. Berkenaan dengan hal ini, pemerintah menetapkan anggaran 20% dari APBN untuk kemajuan pendidikan. Sehingga negara berharap guru sebagai salah satu unsur penentu keberhasilan belajar siswa bisa menjadi seorang profesional.
Bagi teman-teman yang ingin membaca proposal ini secara lengkap langsung aja download DISINI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Implementasi Perencanaan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kreatifitas Pembelajaran Siswa"

Post a Comment