Faktor Individu Dilihat Dari Segi Psikologis




BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG
      Dunia anak terkadang menyenangkan untuk di kaji dan akan menimbulkan kesenagan tersendiri jika kita mampu mengarahkan anak didik kita untuk menjadi pribadi yang unggul dan juga bisa mengapai apa yang diinginkan. Dalam dunia pendidikan kita perlu mengenal karakter anak sehingga kita akan tau metode apa yang akan kita gunakan dalam penyampaian materi atau yang lainnya.   Psikologi pendidikan adalah studi yang sistematis terhadap proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan. Sedangkan pendidikan adalah proses pertumbuhan yang berlangsung melalui tindakan-tindakan belajar. Dari bahasan di atas terlihat adanya kaitan yang sangat kuat antara psikologi pendidikan dengan tindakan belajar . Karena itu, tidak mengherankan apabila beberapa ahli psikologi pendidikan menyebutkan bahwa lapangan utama studi psikologi pendidikan adalah soal belajar. Dengan kata lain psikologi pendidikan memusatkan perhatian pada persoalan-persoalan yang berkenaan dengan proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan tindakan belajar.

   Karena konsentrasinya pada persoalan belajar , yakni persoalan-persoalan yang senantiasa melekat pada subjek didik, maka konsumen utama psikologi pendidikan ini pada umumnya adalah pada pendidik.
Mereka memang dituntut untuk menguasai bidang ilmu ini agar mereka, dalam menjalankan fungsinya, dapat menciptakan kondisi-kondisi yang memiliki daya dorong  ynag besar terhadap berlangsungnya tindakan-tindakan belajar secara efektif.

B.  RUMUSAN MASALAH
1.  Faktor-faktor apa saja yang ada pada individu pelajar jika dilihat dari segi    psikologis ?
2. Ciri-ciri apa saja yang ada dalam  kehidupan psikologis yang  perlu dikembangkan melalui pendidikan ?
3.  Hal-hal apa saja yang harus dilakukan  terhadap faktor -faktor utama  psikologi pendidi


BAB II
PEMBAHASAN

A.   FAKTOR  INDIVIDU PELAJAR DILIHAT DARI SEGI PSIKOLOGIS
                 Semua keadaan dan fungsi psikologi tentu saja berpengaruh terhadap proses belajar yang juga bersifat psikologis itu. Beberapa faktor utama akan dikemukakan dalam makalah ini secara singkat yang antara lain sebagai berikut :
1.       Faktor Minat      
          Seseorang tidak mempunyai minat untuk mempelajari sesuatu tidak dapat diharapkan bahwa dia akan berhasil dengan baik dalam mempelajari hal tersebut ; sebaliknya, kalau seseorang belajar dengan penuh minat, maka dapat diharapkan hasilnya akan lebih baik.
2.       Faktor Kecerdasan
          Kecerdasan sangat besar peranannya dalam mencapai sesuatu keberhasilan, orang yang lebih cerdas pada umumnya akan lebih mampu belajar dari pada orang yang kurang cerdas.
3.       Faktor Bakat
          Disamping faktor kecerdasan, faktor bakat juga merupakan faktor yang besar pengaruhnya terhadap proses dan hasil belajar seseorang. Hampir tidak ada orang membantah bahwa belajar pada bidang yang sesuai dengan bakat memperbesar kemungkinan berhasilnya usaha itu. Akan tetapi banyak sekali hal – hal yang menghalangi untuk terciptanya kondisi yang sangat diinginkan oleh setiap orang itu.
4.       Faktor Motivasi
          Motivasi adalah kondisi psikologi yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Jadi motivasi untuk belajar adalah kondisi psikologi yang mendorong seseorang untuk belajar. Hasil belajar pada umumnya meningkat jika motivasi untuk belajar bertambah, maka pada umumnya persoalan mengenai kaitan motivasi itu dengan belajar adalah bagaimana mengatur agar motivasi dapat ditingkatkan agar belajar dapat optimal.
          Faktor motivasi ini terdiri dari dua macam yaitu : Motivasi Intrinsik,  Motivasi Ekstrinsik.
5.       Faktor Kemampuan – kemampua Kognitif
          Walaupun diakui tujuan pendidikan itu meliputi aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotor namun pada umumnya aspek kognitif yang selalu diutamakan bahkan kadang – kadang terdapat praktek – praktek yang menunjukan seakan – akan aspek kognitif sajalah yang berlaku sekarang ini. Maka dari itu kemampuan – kemampuan kognitif akan tetap merupakan faktor – faktor yang penting dalam kegiatan belajar mengajar para siswa atau mahasiswa.
Seperti itulah faktor utama yang sangat berpengaruh terhadap proses belajar yang dapat kami kemukakan dalam makalah pada kesempatan kali ini.

B. Ciri–ciri Peserta Didik Dalam Kehidupan Psikologis yang Perlu Dikembangkan Melalui Pendidikan.
       1.    Identivikasi anak didik dengan orang dewasa atau pendidikannya.
          Dengan identivikasi ini mulai timbul pada usia 4 tahun dan mulai sering nampak pada usia puber pemuda (di tingkat sekolah lanjutan) karena pada masa ini jiwa siswa mulai bangun, maka dari itu peranan seorang guru agama sangat penting pada masa – masa perkembangan ini, hal ini untuk mengarahkan perkembangan mereka dan kerjasama pendidik secara terpadu.
       2.    Ketergantungan anak pada pendidik
          Sifat ketergantungan kepada pendidik ini harus diusahakan secara berangsur – angsur dihilangkan dengan cara menumbukan rasa percaya diri sendiri untuk bisa mengatasi masalah yang dihadapinya.
       3.    Ketertiban peserta didik kepada kewibawaan pendidikan
          Kewibawaan adalah kepenurutan dan kepatuhan peserta didik kepada pendidiknya atas dasar kesadaran, hormat dan simpati.
       4.    Kewibawaan pendidikan
          Kewibaan pendidikan sangat diperlukan dalam dunia pendidikan untuk menuntun dan mengarahkan perkembangan rohaninya terutama ke arah pendewasaan secara rohaniah. Jika pendidikan tanpa kewibawaan akan mengganggu proses pendidikan peserta didik.
       5.    Suri Tauladan
          Suri tauladan dari pendidikan memegang peranan yang sangat penting. Sebab itu diusahakan setiap pendidikan menjadi penuntun peserta didiknya. 

C.   Hal–hal Yang Harus Dilakukan Terhadap Faktor–faktor Utama Psikologis Pendidikan.
       1.    Minat
      Untuk menyalurkan minat para siswa maka perlu adanya pilihan jurusan atau pemilihan bidang studi pada lembaga – lembaga pendidikan.
       2.    Kecerdasan
      Untuk meningkatkan atau mempartahankan suatu kecerdasan diperlukan bantuan – bantuan yang sangat khusus untuk dapat menyelesaikan sekolah dasar.
       3.    Bakat
       Bakat harus didukung dengan adanya biaya untuk mengembangkannya dan harus didukung oleh sarana dan prasarana.
       4.    Motivasi
        Untuk masalah ini ialah kita harus bisa menumbuhkan dan meningkatkan motivasi agar dapat menghasilkan belajar yang optimal.
       5.    Kemampuan – kemampuan kognitif
      Yang harus kita lakukan terhadap faktor ini ialah mengatur faktor ini sehingga mempunyai pengaruh yang dapat membantu tercapainya hasil belajar yang optimal.


 BAB III
PENUTUP


1.             KESIMPULAN
    Bahwasanya dalam  anak didik itu ada faktor individu yang dilihat dari kacamata psikologi diantaranya faktor  minat, kecerdasan,  bakat, motifasi, dan kemampuan-kemampuan kognitif. Sehingga kita akan dapat melihat ciri-ciri dari peserta didik dalam kehidupan psikologis yang perlu dikembangkan melalui pendidikan.

2.             SARAN
               Dengan adanya makalah ini, diharapkan pada mahasiswa agar lebih muda memahami Ciri–ciri Peserta Didik Dalam Kehidupan Psikologis yang Perlu Dikembangkan Melalui Pendidikan.
          Kami menyadari bahwa dalam makalah ini masih banyak terdapat kekurangan dan kekhilafan oleh karena itu, kepada para pembaca dan para pakar, penulis mengharapkan saran dan kritik ataupun tegur sapa yang sifatnya membangun kesempurnaan makalah.
                   Kepada semua pihak khususnya kepada Dosen Pembimbing yang telah memberikan saran dan kritik konstruktif demi kesempurnaan makalah ini. Kami ucapkan terima kasih.
.

DAFATAR PUSTAKA
Bimo Walgito. 2004. Pengantar psikologi umum, yogyakarta : ANDI
Made pidata. 2007. Landasan kependidikan, jakarta : Rineke cipta
Muzayyin Arifi. 2005. Filsafat pendidikan islam, jakarta : BUMI AKSARA
Dasar-dasar kependidikan islam, surabaya : Karya Abdi Tama
Hasan langgulung. 1998. Asas-asas pendidikan islam. Jakarta radar jaya offset

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Faktor Individu Dilihat Dari Segi Psikologis"

Post a Comment