Bahan ajar “Kapita Selekta Pendidikan Islam” patut kita sambut positif sebagai bagian dari ikhtiar untuk memperkaya perspektif dalam melihat eksistensi lembaga pendidikan Islam di Indonesia. Kehadiran teks ini secara khusus akan menjadi bahan dialog reflektif bagi para akademisi serta pratisi pendidikan Islam dalam konteks lokal maupun global.
Cakupan bahan ajar ini cukup lengkap, yang disajikan ke dalam delapan bagian. Pertama, bagian pendahuluan yang berisi uraian tentang berbagai teori pendidikan, pengertian pendidikan, tujuan dan metode pendidikan Islam serta berbagai hasil penelitian tentang pelaksanaan pendidikan agama Islam di lingkungan pendidikan sekolah. Kedua, membahas kompetensi guru menurut perspektif pendidikan Islam, kompetensi guru menurut kajian teori pendidikan, kompetensi guru pendidikan agama Islam serta kompetensi guru berdasarkan standar nasional pendidikan. Ketiga, membahas Pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pendidikan pada Raudhatul Athfal. Keempat, membahas pendidikan dasar: Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Aliyah. Kelima, membahas pendidikan menengah: Madrasah Aliyah. Keenam, mengungkap pendidikan keagamaan Madrasah Diniyyah. Ketujuh, menguraikan pendidikan pondok pesantren. Kedelapan, menyoroti perguruan tinggi agama Islam.
Menurut pembahas, meskipun konten bahan ajar kapita selekta ini tergolong lengkap, namun belum bisa dianggap sempurna dan tajam pembahasannya. Masih ada beberapa topik yang terlewatkan dan perlu diungkap lebih jauh karena cukup urgen dalam rangka menjadikan teks ini lebih berbobot, aktual dan akan memberikan sumbangan siginifikan dalam mainstream pemikiran pendidikan Islam kontemporer. Beberapa topik yang masih perlu dibahas antara lain: model pendidikan Islam pada era global dan pendidikan generasi muda, pola kerja sama tri pusat pendidikan Islam, otonomi daerah dan pendidikan, reformasi pendidikan nasional, strategi pendidikan nasional, pendidikan Islam dan kemajuan sains, modernisasi pendidikan Islam dan epistemologi ilmu, manajemen berbasis sekolah (school based management) atau Manajemen Berbasis Madrasah atau (Madrasah Based Management (MBM ). Yang juga tidak kalah pentingnya untuk diungkap adalah ilustrasi kunjungan ke lembaga-lembaga pendidikan Islam yang dianggap representatif sebagai model dan inspirator bagi pengembangan pendidikan Islam, pemaparan hasil laporan dan seminar hasil laporan (Uus Ruswandi et. all, 2005).
Menurut pembahas, persoalan model pendidikan Islam di era global perlu diungkap karena globalisasi belakangan ini menjadi fakta yang kita hadapi dan harus disikapi secara hati-hati.
0 Response to "Resume Kapita Selekta Pendidikan"
Post a Comment